Implementasi Pengembangan UMKM Kelurahan Pradah Kalikendal Berbasis Industri Kreatif Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi
Keywords:
Ekonomi, Pasca Pandemi, Pemasaran, UMKMAbstract
Dampak pandemi sangat terasa dalam berbagai bidang terutama ekonomi yang berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Dampak tersebut dapat dirasakan oleh berbagai Kalanga khususnya UMKM. Strategi pengembangan UMKM diperlukan pemulihan ekonomi pasca pandemi bagi masyarakat. Pradah Kalikendal merupakan salah satu kelurahan yang memiliki potensi UMKM yang dapat dikembangkan guna mendukung pemulihan ekonomi pasca pandemi. Strategi yang dilakukan dalam pengembangan ini yaitu Strategi pendekatan, pendampingan, bimbingan produksi, dan pengarahan manajemen pemasaran. Program diharapkan agar warga dapat lebih terbuka pikirannya dalam mengembangkan perekonomian, cerdas, dan berkualitas dimasa pasca pandemi. Pembenahan dari sisi produksi bertujuan agar UMKM dapat lebih tertata rapi sehingga proses produksi mendapatkan hasil berkualitas. Pengarahan manajemen pemasaran bertujuan menambah peningkatan penjualan dan pangsa pasar sehingga menarik pihak kemitraan untuk mendukung.
References
Anggrahini, Devi dan Surwati, C.H.D. 2014. Kegiatan Komunikasi Pemasaran Rown Division dalam Media Sosial (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Kegiatan Komunikasi Pemasaran Rown Division di Solo melalui Media Sosial Facebook dan Twitter dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen).
Ariani, Desi dan Dwiyanto, B.M. 2013. Analisis Pengaruh Supply Chain Management Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Pada Industri Kecil dan Menengah Makanan Olahan Khas Padang Sumatera Barat). Diponegoro Journal of Management 2(3):1- 10.
Fajrin, Verawati. 2019. Analisis pertumbuhan ekonomi di pulau madura. Vol 9. 1 april.
Febryani, Tafeta, Kusreni, sri. 2017. Determinan Pertumbuhan Ekonomi di 4 Negara ASEAN. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan. Juni.
Mulyana, Y. 2020. Peranan Ekonomi Pembangunan Pasca COVID 19. PRISMAKOM, 17(1), 37-45.
Rusli, Zaili, 2012. Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Program Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP). Pekanbaru: Universitas Riau.
Shabastian, M. dan Samuel, H. 2013. Pengaruh Strategi Harga dan Strategi Produk Terhadap Brand Loyalty di Tator Café Surabaya Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran 1(1): 1-9
Thaha, A. F. 2020. Dampak COVID-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 147-153.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).