Pendampingan UMKM dalam Meningkatkan Branding dan Legalitas di Desa Pulosari

Authors

  • Kusuma Wardhani Mas'udah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Yenny Wuryandari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Yovita Nathania Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Nova Andriani Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Ratu Yusnita Zhalsabilla Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Edo Pandu Pratama Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Nauval Zakqy Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Keywords:

UMKM, Branding Produk, NIB, Legalitas Usaha, Online Single Submission (OSS)

Abstract

Kegiatan Pendampingan UMKM dalam meningkatkan Branding dan Legalitas di Desa Pulosari ini bertujuan meningkatkan kualitas UMKM karena dalam branding produk dilakukan pengembangan seperti diversifikasi produk, marketing, desain produk yang dimodifikasi agar menjadi nilai tambah untuk produk UMKM. Kegiatan peningkatan branding UMKM dilakukan dengan tiga tahap yaitu yang pertama, desain logo, desain kemasan dan juga social media marketing. Pembuatan logo untuk produk bertujuan agar produk mudah dikenal dan mempunyai ciri khas tersendiri. Proses desain kemasan dilakukan untuk meningkatkan daya tarik konsumen, karena dengan kemasan yang menarik bisa mempunyai daya jual tinggi. Selanjutnya yaitu social media marketing yang dilakukan agar produk UMKM di Desa Pulosari dapat terjangkau di luar daerah Pulosari dan meningkatkan penjualan.  Legalitas usaha adalah salah satu komponen penting bagi pelaku UMKM karena legalitas usaha menjadi sebuah bukti bahwa suatu usaha telah layak dan lolos dari aspek-aspek yang membuat produk itu dapat dipastikan keamanannya. Salah satu perizinan dalam sebuah usaha adalah Nomor Induk Berusaha (NIB) yang dapat membantu para pelaku usaha dalam mengajukan izin usaha dan izin komersial atau operasional.

References

Ika Wulandari and Martinus Budiantara, 2022. Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Melalui Online Single Submission. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), pp.386-394.

Prameswari, N., 2018. STRATEGI BRANDING MELALUI INOVASI DESAIN KEMASAN BAGI HOME INDUSTRY SABUN CAIR. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), 3(02), p.179.

Taan, H., Radji, D. and Rasjid, H., 2021. Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image. SEIKO : Journal of Management & Business, Volume 4 Issue 1, pp.315-330.

Najib, M., Februadi, A., Djatnika, T., Rafdinal, W., Lasambouw, C. and Nuryati, N., 2022. Inovasi Desain Kemasan (Packaging) sebagai Faktor Peningkatan Daya Saing Produk UMKM. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 6, No. 1, pp.56-64.

Saputra, D. and Ulyana, D., 2021. Pelatihan Pembuatan Design Logo Sebagai Upaya Menanamkan Kesadaran Merek Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Air Itam. IKRAITH-ABDIMAS, Vol 4 No 1, pp.74-80.

Rahmat Gunawan, Rini Malfiany and Hamdan Yosep Pane, 2021. Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Ukm Rempeyek Nok Uus Dengan Video Cinematic Didukung Motion Grafis. Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 14(1), pp.25-36.

Veranita, M., Almamalik, L. and Ikhsan, S., 2022. Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UMKM Di Era Pandemi. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), pp.89-96.

Downloads

Published

30-06-2022

Issue

Section

Articles