Optimalisasi Digital Marketing Melalui Instagram Sebagai Strategi Pemasaran Produk UMKM Di Kelurahan Medokan Semampir Kota Surabaya
Keywords:
Digital Marketing, MSMEs, Marketing StrategyAbstract
Pengabdian masayarakat ini diikuti oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kelurahan Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM yaitu, sulitnya memasarkan produk UMKM secara online. Maka dari itu, dibuatlah pendampingan & pelatihan pemasaran melalui media sosial Instagram untuk meningkatkan penjualan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar jangkauan pemasarannya lebih luas sehingga dapat mencapai target penjualan yang diinginkan. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan peserta pelatihan keahlian dan ilmu untuk memanfaatkan media digital khususnya Instagram sebagai sarana promosi produk UMKM untuk mempermudah transaksi jual beli antara produsen dan calon konsumen.
References
Ardiansah, I., & Maharani, A. (2021). No TitleOptimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing: Potret Penggunaan Instagram sebagai Media Pemasaran Online pada Industri UKM. CV. Cendekia Press.
Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809
Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Pengabdian Masyarakat Manage, 1((2)), 88–92.
Afrilia, A. M. (n.d.). Digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran “waroenk ora umum” dalam meningkatkan jumlah konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1((1)), 147–157.
Maulana, Y. (2018). UKM Harus Manfaatkan Perkembangan Digital.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (n.d.). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. urnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1((1)), 1–17.
Hendriadi, A. A., Sari, B. nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 120–125. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133
Fatmawati, S. (2018). PENGARUH IKLAN MODEL AIDA (attention, interest,desire,action) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEE INDONESIA PADA MAHASISWA FISIP UNISKA MAB. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–11.
Wati, A. P., Aulia Martha, J., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. In Edulitera. Edulitera.
Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Qiara Media.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).