Optimalisasi Digital Marketing Melalui Instagram Sebagai Strategi Pemasaran Produk UMKM Di Kelurahan Medokan Semampir Kota Surabaya

Authors

  • Wilma Cordelia Izaak UPN Veteran Jawa Timur
  • Fa’ulul Denisya UPN Veteran Jawa Timur
  • Gilang Ilham Pratama UPN Veteran Jawa Timur
  • Fadia Dwi Nurdianty UPN Veteran Jawa Timur
  • Nova Aditya Pradana UPN Veteran Jawa Timur
  • Dewa Prayoga UPN Veteran Jawa Timur

Keywords:

Digital Marketing, MSMEs, Marketing Strategy

Abstract

Pengabdian masayarakat ini diikuti oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kelurahan Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM  yaitu, sulitnya memasarkan produk UMKM secara online. Maka dari itu, dibuatlah pendampingan & pelatihan pemasaran melalui media sosial Instagram untuk meningkatkan penjualan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar jangkauan pemasarannya lebih luas sehingga dapat mencapai target penjualan yang diinginkan. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan peserta pelatihan keahlian dan ilmu untuk memanfaatkan media digital khususnya Instagram sebagai sarana promosi produk UMKM untuk mempermudah transaksi jual beli antara produsen dan calon konsumen.

References

Ardiansah, I., & Maharani, A. (2021). No TitleOptimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing: Potret Penggunaan Instagram sebagai Media Pemasaran Online pada Industri UKM. CV. Cendekia Press.

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809

Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Pengabdian Masyarakat Manage, 1((2)), 88–92.

Afrilia, A. M. (n.d.). Digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran “waroenk ora umum” dalam meningkatkan jumlah konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1((1)), 147–157.

Maulana, Y. (2018). UKM Harus Manfaatkan Perkembangan Digital.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (n.d.). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. urnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1((1)), 1–17.

Hendriadi, A. A., Sari, B. nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 120–125. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133

Fatmawati, S. (2018). PENGARUH IKLAN MODEL AIDA (attention, interest,desire,action) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEE INDONESIA PADA MAHASISWA FISIP UNISKA MAB. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–11.

Wati, A. P., Aulia Martha, J., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. In Edulitera. Edulitera.

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Qiara Media.

Downloads

Published

30-06-2022

Issue

Section

Articles