Membangunan Brand UMKM Songo Loro Melalui Pelatihan Branding Desain Logo Dan Stiker Kemasan

Authors

  • Nurria Uswatun Hasanah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Fathan Luthpah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Dimas Seno Herlambang Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Kinanti Resmi H, S.Hum., M.A Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Keywords:

Hidroponik, Product Branding, Logo, Perangkat Lunak, UMKM Songo Loro

Abstract

Usaha budidaya sayuran hidroponik kian diminati masyarakat di Indonesia seiring meningkatnya tren hidup sehat dan sejumlah alasan lainnya. Namun, hal tersebut turut berdampak pada peningkatan angka persaingan di antara para pelaku usaha budidaya sayuran hidroponik. Untuk tetap bertahan di tengah persaingan pasar, para pelaku usaha membutuhkan sejumlah strategi yang dapat mendorong mereka memenangkan persaingan pasar. Salah satunya adalah product branding melalui penciptaan logo yang dapat merepresentasikan produk yang ditawarkan. UMKM Songo Loro merupakan sebuah usaha budidaya sayuran hidroponik di Kelurahan Kupang Krajan yang belum memiliki logo yang dapat mewakili identitas akan produk yang ditawarkan. Atas dasar tersebut, mahasiswa kelompok 06 kuliah kerja nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT MBKM) UPN “Veteran” Jawa Timur di Kelurahan Kupang Krajan melakukan kegiatan pelatihan yang ditujukan untuk UMKM Songo Loro yaitu pelatihan branding desain logo dan stiker kemasan melalui pemanfaatan perangkat lunak pendukung CorelDraw Graphic Suites dan Adobe Photoshop.

References

Anggraini, D. A., Zen, Z. H., & Aristi, M. D. (2021). Peningkatan Daya Saing

Produk Dapur Kue Dzikra Melalui Redesain Logo Dan Kemasan Produk, Dan Pengembangan Pemasaran. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(1), 133–138.

Bratasari, P. M., & Utomo, H. (2017). Pembuatan Desain Kemasan Dengan Menggunakan Aplikasi Coreldraw Sebagai Media Promosi Di Distro Reason Garage Turen Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(1), 13.

Chen, T. (2007). A novel technique for color pencil sketching rendering based

texture. In Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics) (Vol. 4681 LNCS, pp. 852–857). Springer Verlag.

Febrianti, T., Tsani, A., & Milia, A. N. (2019, Februari 15). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Sayuran Hidroponik Di Kota Sukabumi. Paspalum: Jurnal Ilmiah Pertanian, 7(1). Dipetik July 2, 2022

Hasibuan, S. M., Lestari, F. A., & Rajana, J. P. (2022). Peranan Kemasan

(Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Digital Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Desa Firdaus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(9), 2029–2034.

Nugrahani. r. (2015). Peran Desain Grafis Pada Label Dan Kemasan Produk

Makanan Umkm. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), 127–136.

Pratiwi Octasylva, A. R., Leonita, S., & Damang, S. M. (2020). Pelatihan Desain

Kemasan Produk UMKM di Tangerang Selatan. Empowerment in the Community, 1(2), 41.

Roidah, I. S. (2015). Pemanfaatan Lahan dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal BONOROWO, 1(2), 43-49. Retrieved Juni 30, 2022

Ruswaji, R., & Chodariyanti, L. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Desa Kepada

Kelompok Ibu-Ibu Pkk dan Karang Taruna melalui Program Pelatihan “Hidroponik.” Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(01), 1.

Sitorus, S. A., Romli, N. A., Tingga, C. P., S., N. P., Putri, S. E., Gheta, A. P., . . . Ulfah, M. (2022). Brand Marketing: The Art of Branding. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Sulistiono, S., & Mulyana, M. (2021). Pelatihan Pengembangan Merek Dan

Kemasan Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(2), 87–96.

Swastika, S., Yulfida, A., & Sumitro, Y. (2017). Buku Petunjuk Teknis Budidaya Sayuran Hidroponik. Pekanbaru: BPTP Balitbang Riau, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian.

Wheeler, A. (2012). Designing Brand Identity: An Essential Guide for The Whole Branding Team. New Jersey: John Wiley and Sons.

Widiati, A. (2020). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan

Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. Jaakfe Untan (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2).

Yuliati, T. (2020). Pelatihan Komputer Grafis Sebagai Upaya Peningkatan Softskill

Bidang Desain Dan Editing Pada Stt Dumai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(2), 77.

Downloads

Published

30-06-2022

Issue

Section

Articles