Pemberdayaan UMKM Pada Sektor Pemasaran Melalui Kampung Festival di Kelurahan Pegirian

Authors

  • Achmad Dani Afifuddim Zuhri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Ardinesyah Hibatul Alim Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Abror El Sahal Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nurul Azizah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Keywords:

Kampung Festival, Pemberdayaan UMKM, Kewirausahaan Kelurahan Pegirian

Abstract

Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap jenis produk kuliner serta kerajinan tangan melalui adanya kampung festival yang digelar saat bulan festival oleh mahasiswa KKN-T MBKM Kelompok 51 UPNVJT serta bekerjasama dengan pihak Kelurahan Pegirian, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemberdayaan UMKM Kelurahan Pegirian melalui tiga tahapan yakni persiapan kegiatan, implementasi kegiatan, dan pelaporan kegiatan. Namun mayoritas UMKM Pegirian memiliki kendala terbesar yakni di dalam kewirausahaannya masih kekurangan akses pemasaran produk sehingga kesulitan ketika mempromosikan barang dan masih minimmnya untuk menginovasikan suatu produk yang memiliki nilai tambah. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan yang direalisasikan melalui kampung festival memiliki peran penting di bidang pemasaran. Setelah adanya kegiatan ini diharapkan mampu secara mandiri dengan berwirausaha di kondisi serta situasi apapun dan menciptakan terobosan lebih optimal terhadap pangsa pasar (konsumen) yang mereka targetkan sehingga menjadi solusi terbaik atas permasalahan di sektor pemasaran.

References

Sudaryanto, R., & Wijayanti, R. (2014). Strategi pemberdayaan UMKM dalam menghadapi pasar Bebas ASEAN. Jurnal Keuangan & Moneter, 16(1), 1–20.

Wulansari, A., & Hakim, L. (2021). Strategi Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang Dalam Pemberdayaan UMKM. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 7(1), 82–93.

Muniarty, P., Wulandari, W., Saputri, D., Wahdaniyah, A., Syaframis, N. F., Rimawan, M., & Alwi, A. (2021). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Di Era Covid-19. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 178–183. https://doi.org/10.54951/comsep.v2i2.84

Fadilah, A., Syahidah, A. nur’azmi, Risqiana, A., Nurmaulida, A. sofa, Masfupah, D. D., & Arumsari, C. (2021). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 892–896. https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1525

Achmad Amirudin. (2019). pemberdayaan usaha kecil menengah (UKM) binaan dinas perdagangan kota Surabaya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan. 5.

https://www.republika.co.id/berita/qrjgzv370/pasar-festival-dongkrak-ekonomi-warga-surabaya

Downloads

Published

30-06-2022

Issue

Section

Articles