Penggunaan English Movie Method Untuk Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Oleh Guru TK. Aisyiyah Bustanulathfal 05 Medan
Keywords:
Method, English Movie, English VocabularyAbstract
Pengajaran kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini penting memperhatikan karakteristik khusus mereka agar mereka dapat dengan mudah dan cepat memperoleh kosakata baru, terutama kosakata bahasa Inggris. Selain memiliki karakteristik khusus, mereka juga membutuhkan seorang guru sebagai fasilitator yang memiliki metode mengajar yang baik yang dapat memotivasi mereka dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris yang baru. Metode pengajaran yang digunakan guru dalam mengajar kosa kata bahasa Inggris, khususnya guru TK. Aisyiah Bustanul Athfal 05 Medan, adalah Metode Film bahasa Inggris. Metode Film bahasa Inggris adalah metode yang menggunakan film anak-anak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasanya. Metode ini diterapkan dengan menghubungkan pengalaman pribadi dan kemampuan kognitif anak. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan pengenalan keterampilan dan penguasaan guru TK dalam mengajar kosakata bahasa Inggris. Dan diharapkan siswa TK. Aisyiah Bustanul Athfal 05 Medan dapat mengenal dan menguasai kosakata bahasa Inggris yang diajarkan oleh guru dengan menggunakan English Movie Method ini.
References
Efendi, Onong Uchjana. 2002. Ilmu Komunikasi Teori & Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Firdaus, Firdayanti. 2012. The Effect of Tecahing Methods with Media and Motivation on Students’ Vocabulary Achievement. Masters thesis: Unimed.
https://www.idntimes.hype/entertainment/lia-pramisti/pas-banget-7-serial-kartun-ini-bisa-bantu-anak-belajar-bahasa-inggris-c1c2/4. (Diakses pada tanggal 20 Februari 2022).
Kridalaksana, H., 2008. Kamus Linguistik –edisi keempat-. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.
Kurnia, C. 2017. Increasing Young Learners’ Vocabulary Mastery by Using English Songs. Mercu Buana University of Yogyakarta: English Education Department Faculty of Teacher Training and Education. 3 (1).
Purwaningsih, D. R., Sari, R. P., & Purwandari, G. A. 2017. Implementing thematic songs in seaching vocabulary skills to elementary students in taman baca masyarakat kudi gunung cunil banyumas: penerapan lagu-lagu bertema dalam pengajaran. lingua didaktika, 11(2), 216–222. https://doi.org/10.24036/ld.v1 1i1.8097
Schmitt, N. & Mc. Carthey, M. 1997. Vocabulary in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
Smaldino, S.E. 2005. Instructional Technology and Media for Learning (8th Ed.) Ohio: Pearson Education.
Surachmad, W. 1982. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar : Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Bandung : Tarsito
Qiu, Y. 2016. Research on the application of total physical response approach to vocabulary teaching in primary schools. international journal of arts and commerce, 5 (7), 18-20.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).