Pelatihan Penulisan Buku Ajar dan Artikel Ilmiah Bagi Guru SMK Swasta Skylandsea YAPPSU Tanjung Morawa
Keywords:
Buku Ajar, Artikel IlmiahAbstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pemahaman kepada para Guru SMK Swasta Skylandsea YAPPSU Tanjung Morawa tentang penulisan Buku Ajar dan Artikel Ilmiah. Dari hasil kegiatan pengabdian ini diketahui bahwa tingkat pemahaman peserta semakin meningkat. Hal ini dilihat dari hasil kusioner yang diberikan sebelum dan sesudah kegiatan dilaksanakan diperoleh bahwa Pengetahuan tentang Buku Ajar mengalami peningkatan. Sebelum mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelatihan nilai rata-rata adalah 40, namun setelah mengikuti kegiatan nilai rata-rata menjadi 80, maka persentase peningkatan sebesar 100%. Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi seluruh peserta. Pengetahuan peserta tentang Artikel Ilmiah juga mengalami peningkatan. Sebelum mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelatihan nilai rata-rata adalah 50, namun setelah mengikuti kegiatan nilai rata-rata menjadi 88, maka persentase peningkatan sebesar 76%. Pengetahuan tentang cara menentukan topik/judul Buku Ajar juga mengalami peningkatan. Sebelum mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelatihan nilai rata-rata adalah 32, namun setelah mengikuti kegiatan nilai rata-rata menjadi 92, maka persentase peningkatan sebesar 187%. Pengetahuan tentang cara menentukan topik/judul Artikel Ilmiah mengalami peningkatan. Sebelum mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelatihan nilai rata-rata adalah 35, namun setelah mengikuti kegiatan nilai rata-rata menjadi 86, maka persentase peningkatan sebesar 145%. Pengetahuan tentang penerbitan buku mengalami peningkatan. Sebelum mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelatihan nilai rata-rata adalah 20, namun setelah mengikuti kegiatan nilai rata-rata menjadi 88, maka persentase peningkatan drastis sebesar 340%. Pengetahuan tentang penerbitan Artikel Ilmiah mengalami peningkatan. Sebelum mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelatihan nilai rata-rata adalah 25, namun setelah mengikuti kegiatan nilai rata-rata menjadi 90, maka persentase peningkatan drastis sebesar 260%. Setelah pelaksanaan pelatihan dilakukan, terlihat peningkatan pengetahuan para guru secara signifikan. Oleh sebab itu, diharapkan para Guru SMK Swasta Skylandsea YAPPSU dapat memanfaatkan pengetahuan ini untuk dapat mengimplementasikan di sekolah.
References
Abdul Atsar, Muhmammad Syafi’i, 2020. Pelatihan Penulisan Buku Ajar Dan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Menengah Atas Sma Mathla’ul Anwar Batujaya Kabupaten Karawang, JPMB (Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo), Vol. 4 No. 2.
Eny Nur Aisyah, Putri Mahanani, 2017. Pelatihan Menulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Dan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi, Volume 1 Nomor 1, Oktober 2017.
Mohammad Haekal, Iim Fatimah, Gatut Yudoyono, Bintoro Anang Subagyo, Yono Hadi Pramono,
Yanurita Dwi Hapsari, Suyatno, (2022), Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru di SMA A. Wahid Hasyim Tebuireng, Jurnal Sewagati, 6(1):1–5.
Usra M, Hartati H, Destriani D. Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Menengah Atas. Seminar Nasional Pendidikan 2018; 2018.
Maskun, Ali Imron, Sumargono, Yusuf Perdana, 2021.Pelatihan Penulisan Bahan Ajar Berbasis Modul Bagi Guru Sejarah di Provinsi Lampung. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.21, No.1, 2021, pp. 74-80

Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).