Pelatihan Penulisan Buku Ajar dan Artikel Ilmiah Bagi Guru SMK Swasta Skylandsea YAPPSU Tanjung Morawa

Authors

  • Joel Panjaitan Akademi Teknik Deli Serdang https://orcid.org/0000-0001-9948-062X
  • Arnold Pakpahan Akademi Teknik Deli Serdang
  • Regina Sirait Politeknik Negeri Medan
  • Syofyan Anwar Syahputra Akademi Teknik Deli Serdang
  • Pieter Leuvanggi Hutagalung Akademi Teknik Deli Serdang
  • Marice Hotnauli Simbolon AMIK Medan Business Polytechnic

Keywords:

Buku Ajar, Artikel Ilmiah

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pemahaman kepada para Guru SMK Swasta Skylandsea YAPPSU Tanjung Morawa tentang penulisan Buku Ajar dan Artikel Ilmiah. Dari hasil kegiatan pengabdian ini diketahui bahwa tingkat pemahaman peserta semakin meningkat. Hal ini dilihat dari hasil kusioner yang diberikan sebelum dan sesudah kegiatan dilaksanakan diperoleh bahwa Pengetahuan tentang Buku Ajar mengalami peningkatan. Sebelum mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelatihan nilai rata-rata adalah 40, namun setelah mengikuti kegiatan nilai rata-rata menjadi 80, maka persentase peningkatan sebesar 100%. Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi seluruh peserta. Pengetahuan peserta tentang Artikel Ilmiah juga mengalami peningkatan. Sebelum mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelatihan nilai rata-rata adalah 50, namun setelah mengikuti kegiatan nilai rata-rata menjadi 88, maka persentase peningkatan sebesar 76%. Pengetahuan tentang cara menentukan topik/judul Buku Ajar juga mengalami peningkatan. Sebelum mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelatihan nilai rata-rata adalah 32, namun setelah mengikuti kegiatan nilai rata-rata menjadi 92, maka persentase peningkatan sebesar 187%. Pengetahuan tentang cara menentukan topik/judul Artikel Ilmiah mengalami peningkatan. Sebelum mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelatihan nilai rata-rata adalah 35, namun setelah mengikuti kegiatan nilai rata-rata menjadi 86, maka persentase peningkatan sebesar 145%. Pengetahuan tentang penerbitan buku mengalami peningkatan. Sebelum mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelatihan nilai rata-rata adalah 20, namun setelah mengikuti kegiatan nilai rata-rata menjadi 88, maka persentase peningkatan drastis sebesar 340%. Pengetahuan tentang penerbitan Artikel Ilmiah mengalami peningkatan. Sebelum mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelatihan nilai rata-rata adalah 25, namun setelah mengikuti kegiatan nilai rata-rata menjadi 90, maka persentase peningkatan drastis sebesar 260%. Setelah pelaksanaan pelatihan dilakukan, terlihat peningkatan pengetahuan para guru secara signifikan. Oleh sebab itu, diharapkan para Guru SMK Swasta Skylandsea YAPPSU dapat memanfaatkan pengetahuan ini untuk dapat mengimplementasikan di sekolah.

References

Abdul Atsar, Muhmammad Syafi’i, 2020. Pelatihan Penulisan Buku Ajar Dan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Menengah Atas Sma Mathla’ul Anwar Batujaya Kabupaten Karawang, JPMB (Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo), Vol. 4 No. 2.

Eny Nur Aisyah, Putri Mahanani, 2017. Pelatihan Menulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Dan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi, Volume 1 Nomor 1, Oktober 2017.

Mohammad Haekal, Iim Fatimah, Gatut Yudoyono, Bintoro Anang Subagyo, Yono Hadi Pramono,

Yanurita Dwi Hapsari, Suyatno, (2022), Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru di SMA A. Wahid Hasyim Tebuireng, Jurnal Sewagati, 6(1):1–5.

Usra M, Hartati H, Destriani D. Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Menengah Atas. Seminar Nasional Pendidikan 2018; 2018.

Maskun, Ali Imron, Sumargono, Yusuf Perdana, 2021.Pelatihan Penulisan Bahan Ajar Berbasis Modul Bagi Guru Sejarah di Provinsi Lampung. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.21, No.1, 2021, pp. 74-80

Downloads

Published

30-12-2021