Sosialisasi Peran Penting Generasi Z Menuju Indonesia Emas 2045 Bagi Siswa-siswi SMK Swasta Karya Jaya Tanjung Morawa

Authors

  • Joel Panjaitan Akademi Teknik Deli Serdang https://orcid.org/0000-0001-9948-062X
  • Arnold Pakpahan Akademi Teknik Deli Serdang
  • Syofyan Anwar Syahputra Akademi Teknik Deli Serdang
  • Regina Sirait Politeknik Negeri Medan
  • Ayu Fitriani Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Abdi Raih Simanullang Akademi Teknik Deli Serdang
  • Femmy Armaya Putri Akademi Teknik Deli Serdang

DOI:

https://doi.org/10.70344/karyaunggul.v3i2.219

Keywords:

Generasi Z, Bonus Demografi, Indonesia Emas 2045

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah memberikan sosialisasi, memotivasi serta mengembangkan wawasan para Siswa-siswi SMK Swasta Karya Jaya Tanjung Morawa tentang peran penting generasi Z menuju Indonesia Emas. Dan diharapkan melalui kegiatan ini peserta mulai mempersiapkan diri dalam menyonsong Indonesia Emas 2045. Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah memberikan ceramah yang memuat langkah-langkah bagaimana mempersiapkan diri untuk menyonsong Indonesia Emas 2045. Dari hasil kegiatan pengabdian ini diketahui bahwa tingkat pemahaman peserta semakin meningkat. Hal ini dilihat dari hasil kusioner yang diberikan sebelum dan sesudah kegiatan dilaksanakan. Berdasarkan hasil kuisioner diperoleh bahwa pemahaman peserta tentang Bonus Demografi & Indonesia Emas 2045 mengalami peningkatan. Sebelum mengikuti kegiatan pelatihan nilai rata-rata adalah 40, namun setelah mengikuti kegiatan nilai rata-rata menjadi 80, maka persentase peningkatan sebesar 100%. Pemahaman peserta tentang Peran Generasi Z dalam menyonsong Indonesia Emas 2045 juga mengalami peningkatan. Sebelum mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelatihan nilai rata-rata adalah 50, namun setelah mengikuti kegiatan nilai rata-rata menjadi 75, maka persentase peningkatan sebesar 50%. Pemahaman peserta tentang tentang langkah-langkah dan kesiapan dalam menyonsong Indonesia Emas 2045 juga mengalami peningkatan. Sebelum mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelatihan nilai rata-rata adalah 50, namun setelah mengikuti kegiatan nilai rata-rata menjadi 90, maka persentase peningkatan sebesar 80%. Setelah pelaksanaan pelatihan dilakukan, terlihat peningkatan pengetahuan para peserta secara signifikan. Setelah pelaksanaan pelatihan dilakukan, terlihat peningkatan pengetahuan para peserta secara signifikan. Para peserta juga sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Hal ini dilihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh peserta kepada pemateri.

References

Hasdiana, dkk. (2023, Mei). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia 2045 Menghadapi Bonus Demografi Melalui Pembelajaran Berbasis Kreatifitas. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2).

Arif, M. (2021). Generasi Millenial Dalam Internalisasi Karakter Nusantara. IAIN Kediri Press.

Iskandar, A. M. (2021). Negara dan Politik Kesejahteraan. Gramedia Pustaka Utama.

Lubis, B., & Mulianingsih, S. (2019). Keterkaitan bonus demografi dengan teori generasi. Jurnal Registratie, 21-36.

Peran Penting Generasi Muda untuk Menyambut Indonesia Emas 2045. Kominfo.go.id, https://www.kominfo.go.id/content/detail/46601/peran-penting-generasi-muda-untuk-menyambut-indonesia-emas-2045/0/berita. Diakses pada tanggal 5 Juni 2024.

Menuju Indonesia Emas 2045: Peran Pemuda sebagai Agen Perubahan dalam Mewujudkan Visi Bangsa. Suaraaisyiyah.id, https://suaraaisyiyah.id/menuju-indonesia-emas-2045-peran-pemuda-sebagai-agen-perubahan-dalam-mewujudkan-visi-bangsa/. Diakses pada tanggal 5 Juni 2024.

Sampai Kapan Bonus Demografi di Indonesia Terjadi? Kompas100.kompas.id, https://kompas100.kompas.id/berita-ekonomi/sampai-kapan-bonus-demografi-di-indonesia-terjadi/. Diakses pada tanggal 5 Juni 2024.

Downloads

Published

28-06-2024

Issue

Section

Articles