Peran Filter Air Sebagai Solusi Kualitatif Terhadap Krisis Air Bersih di Desa Aek Nauli Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir

Authors

  • Josua Alexander Gultom Akademi Teknik Deli Serdang
  • Joel Panjaitan Akademi Teknik Deli Serdang https://orcid.org/0000-0001-9948-062X
  • Manaor Silitonga Akademi Teknik Deli Serdang
  • Binsar Silitonga Akademi Teknik Deli Serdang
  • Pieter Leuvanggi Hutagalung Akademi Teknik Deli Serdang
  • Windo Sinurat Akademi Teknik Deli Serdang

Keywords:

Krisis Air Bersih, Teknologi Filter Air, Pemantauan Kualitas Air

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi krisis air bersih di Desa Aek Nauli Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir, dengan mengembangkan solusi berbasis teknologi filter air. Melalui pendekatan pengabdian kepada masyarakat, prototipe filter air disusun menggunakan teknologi penyaringan lokal, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan unik masyarakat dan konteks air di desa tersebut. Pelatihan intensif dan modul edukasi berkelanjutan diterapkan untuk memastikan partisipasi aktif dan pemahaman masyarakat terkait manfaat dan penggunaan filter air. Implementasi prototipe di rumah-rumah tangga menunjukkan peningkatan signifikan dalam akses air bersih dan dampak positif pada kesehatan masyarakat. Sistem pemantauan dan evaluasi yang berkelanjutan digunakan untuk memastikan keberlanjutan solusi filter air dan meningkatkan pemahaman tentang kualitas air dan pengelolaan sumber daya. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini memberikan landasan bagi pengembangan model serupa di wilayah-wilayah pedesaan lain yang menghadapi tantangan serupa. Dengan pengabdian  ilmiah diharapkan dapat menginspirasi dan membantu mengatasi krisis air bersih di berbagai masyarakat khususnya daerah Aek Nauli.

References

Arisman, M., & Yohandri, Y. (2020). Implementasi Filtrasi Sebagai Solusi Krisis Air Bersih di Desa Suka Makmur, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pengabdian kepada masyarakat Pengembangan Pendidikan.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Haryanto, E. (2017). Analisis Kualitas Air Sumur Gali di Desa Cijeruk, Kecamatan Cigudeg, Bogor. Jurnal Ilmu dan Teknologi Lingkungan.

Pakpahan, Y. S., Ginting, E., & Sembiring, D. (2018). Peran Teknologi Filter Air Terhadap Kualitas Air Bersih di Desa Siborong-Borong. Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Rahmawati, D., & Pramono, A. (2016). Peningkatan Kualitas Air Bersih di Desa Cilimus, Kabupaten Kuningan dengan Penggunaan Filter Keramik. Jurnal Sains, Teknologi, dan Industri.

SNI 3553.2:2006. Air dan Limbah Cair – Bagian 2: Petunjuk Pengambilan Contoh dan Persiapan Sampel Air. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional.

Sutriyono, E., Kusnandar, A., & Sutriyono, D. (2019). Kualitas Air Sumur Gali dan Air PDAM di Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Jurnal Teknik Lingkungan.

Downloads

Published

17-06-2024

Issue

Section

Articles