Pendampingan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kerupuk Kedelai “Cap Makmur” di Kelurahan Bendo Kota Blitar

Authors

  • Muhammad Ahmi Husein Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Ira Wikartika Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Muhammad Syafiqul Hamizan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Wanda Prastiti Rizky Wahyudi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Levy Mochammad Tsaqif Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Keywords:

Strategi, Pemasaran, Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Abstract

UMKM yang memiliki kepanjangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah adalah suatu usaha yang memegang peranan penting dalam perekonomian nasional. Saat ini UMKM sedang gencar diimplementasikan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah di kota Blitar di Jawa Timur. Banyak UMKM yang dikembangkan secara intensif salah satunya pada unit usaha kerupuk kedelai “Cap Makmur” di kelurahan Bendo kecamatan Kepanjenkidul, Blitar. Rumusan topik jurnal pengabdian adalah sebagai berikut. Bagaimana strategi pemasaran UMKM kerupuk kedelai “Cap Makmur” di kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjenkidur, kota Blitar yang diterapkan dalam pengembangan usaha? Tujuan dari pengabdian ini adalah  untuk mengetahui strategi pemasaran pengembangan usaha UMKM kerupuk kedelai “Cap Makmur” di kelurahan Bendo Kecamatan Kepanjenkidul, kota Blitar. Jurnal Pengabdian ini diharapkan dapat memberikan manfaat teoritis dan praktis untuk membantu mengimplementasikan strategi pemasaran dalam mengembangkan UMKM. Jurnal pengabdian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana teknik penentuan posisi menggunakan metode area of ​​interest, dalam hal ini dengan target sampling pada usaha kecil dan menengah (UMKM)  perekonomian nasional. Saat ini UMKM sedang gencar diimplementasikan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu wilayah tempat yang sedang kami teliti yakni kota Blitar, di mana banyak  UMKM yang terbentuk dan bergerak di bidang makanan khas kota Blitar. Setelah mengambil data, peneliti melakukan reduksi data, display data, dan inferensi untuk menganalisis data. Alhasil, penerapan strategi pemasaran 4p memungkinkan untuk mengembangkan usaha kerupuk kedelai UMKM “Cap Makmur” di kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul, kota Blitar.

 

References

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks Media Group

Kotler, P. and G. Armstrong. 2004. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan.

Sanusi, Achmad. 2015. Manajemen Strategi. Pemasaran. Bandung : CV. PUSTAKA SETIA.

Tjiptono, F. 2008. Strategi pemasaran. Yogyakarta : Andi

Downloads

Published

30-06-2022

Issue

Section

Articles