Pelatihan E-Commerce Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi dan Pemasaran di Kelurahan Kandangan, Kota Surabaya
Keywords:
E-Commerce, UMKMAbstract
Kelurahan Kandangan yang terletak di Kecamatan Benowo, Kota Surabaya merupakan salah satu kelurahan yang lokasinya cukup strategis dimana terdapat berbagai potensi seperti kerajinan, industri, dan kuliner. Besarnya potensi yang ada dapat menjadi nilai tambah bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah atau biasa disebut dengan UMKM. Namun banyak dari UMKM yang berada di Kelurahan Kandangan masih belum diketahui oleh masyarakat secara luas sehingga potensi tersebut tidak bisa digunakan secara maksimal. Hal ini terjadi karena minimnya pengetahuan pelaku UMKM tentang pemanfaatan media digital e-commerce dan media sosial sebagai sarana penyebaran informasi, promosi, dan pemasaran. Adanya kendala tersebut menjadi inspirasi bagi tim KKN 67 UPN Jatim untuk melakukan pelatihan kepada pelaku UMKM Kelurahan Kandangan dapat memanfaat potensi besar yang sudah dimiliki. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan metode partisipatif, penyuluhan, dan pelatihan. Tim KKN 67 memberikan sosialisasi kepada pelaku masyarakat tentang karakteristik media sosial, tips & trick pemasaran melalui media sosial dan service excellence. Dalam kegiatan sosialisasi ini pelaku UMKM mendapatkan pengetahuan tentang pembuatan konten digital, penggunaan teknologi informasi, mengenal karakteristik sosial media dan cara pelayanan yang baik di media sosial.
References
Azrianti, S. 2020. Sosialisasi E-Commerce untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di RW 18 Kelurahan Tembesi Kecamatan Segalung. Minda Baharu, Vol 4(2).
BPS dan Kementerian Koperasi dan UKM. 2018. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Usaha Besar. Jakarta: BPS.
Dwijayanti, A., & Pramesti, P. 2020. Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 68–73. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITHABDIMAS/article/download/ 982/772.
Febriantoro, W. 2018. Kajian Dan Strategi Pendukung Perkembangan E-Commerce Bagi Umkm Di Indonesia. Jurnal MANAJERIAL, 17(2), 184.
https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.10441.
Fransiska, I., & Madiawati, P. N. 2021. Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee di Bandung. E-Proceeding of Management, 8(4), 3340–3353.
Kozinets, R. V., De Valck, K., Wojnicki, A. C., dan Wilner, S. J. 2010. Networked Narratives: Understanding Word-of-Mouth Marketing in Online Communities. Journal of marketing, 74(2), 71-89.
Nurfriani, V., Paramu, H., & Utami, E. S. 2014. Analisis Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Dengan dan Tanpa Pinjaman Di Kabupaten Jember. Jember, Jawa Timur, Indonesia.
Rakanita, A. M. 2019. Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Jurnal Ekbis, 20(2), 1280. https://doi.org/10.30736/ekbis.v20i2.237
Syifa, Y., Wardani, M., Rakhmawati, S., Evi, F. 2021. Pelatihan Umkm Melalui Digital Marketing Untuk Membantu Pemasaran Produk pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), Vol 2(1).
Suyanto, U. Y., & Purwanti, I. 2020. Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis E-Commerce ( Studi Pada UMKM Kabupaten Lamongan). Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 189–198. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.299.
Trulline, P. 2021. Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746.
Turban, E. 2008. Electronic Commerce: A Managerial Perspective. Pearson Education, New Jersey. 520 p.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).