Penguatan Pemasaran Produk UMKM Desa Sumberbendo Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo Melalui Strategi Branding

Authors

  • Vitria Dinata Laksono Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Cholishah Anas Irhamma Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Farras Nafis Fadhila Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Rachmalia Indah Anggraini Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Taufikurrahman, M.Pd Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Ira Wikartika, SE. MM Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Keywords:

UMKM, Desa Sumber Bendo, Branding

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peranan yang penting dalam perekonomian di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya UMKM lapangan pekerjaan, pengentasan kemiskinan, kontribusi pada inovasi dan produk domestik bruto Negara Indonesia dapat tercipta. Era Revolusi Industri 4.0 mengenai perkembangan UMKM di Indonesia, pemilik dan atau pengelola UMKM dituntut agar dapat bersaing. Desa Sumberbendo memiliki beberapa sektor UMKM yang cukup berpotensi untuk dapat dikembangkan, yaitu : (1) Ukiran Kayu; (2) Makanan Ringan Carang Mas; serta (3) Minuman Sehat Jamu dan Kue Kering Barokah 717. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan pelaku UMKM masing-masing diketahui bahwa beberapa UMKM tersebut memiliki kendala dalam menjalankan usahanya yaitu : (1) Masih rendahnya pemahaman tentang branding produk sebagai bagian dari strategi pemasaran produk; (2) Kurangnya pemahaman pemilik UMKM tersebut terkait alat branding, yaitu logo (identitas usaha). Tujuan dilakukannya pengabdian masyarakan yaitu untuk memperkuat citra merek dari suatu usaha UMKM di Desa Sumber Bendo melalui strategi branding produk. Metode yang digunakan yaitu dengan sosialisasi branding dan pendampingan pembuatan desain logo UMKM. Kegiatan yang telah dilakukan tentang strategi branding Usaha Mikro Kecil dan Menengah dapat membantu proses pelaku usaha dalam meningkatkan eksistensi. UMKM yang awalnya tidak memiliki pengetahuan tentang strategi branding yang sangat penting dalam memperkenalkan sekaligus mempromosikan produk-produk kepada masyarakat dan calon konsumen. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat membantu UMKM dalam membuat branding produk dengan untuk tujuan mengembangkan dan mempromosikan produk serta membangun brand awarenenss masyarakat terhadap produk.

References

Framita, D. S., Maulita, D., Ekonomi, F., & Raya, U. S. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Pengemasan , Labelling dan Branding Produk di Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 107–118

Gie. 2021. Pentingnya Logo dalam Proses Branding Bisnis yang Sukses. https://accurate.id/marketing-manajemen/logo-branding/

Hendrayani, Y. and Manihuruk, H. (2020). Redesain kemasan dalam meningkatkan brand awarness produk unggulan UKM Cilodong Berkarya. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia.

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan

Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1), 32–36.

Irrubai, M. L. (2015). Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga Di Kelurahan Monjok Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Society, 6(1), 15–30.

Rizaldi, T., & Putranto, H. A. (2018). Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Marketing dan Branding pada UMKM. Prosiding, 56–59.

Susanto, A. and Nurcahyanto, B. (2018). Sosialisasi pentingnya branding dan menambah nilai ekonomis produk buah mangga di Desa Batok. Media Komunikasi dan Informasi Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat.

Downloads

Published

30-06-2022

Issue

Section

Articles