Penguatan Pemasaran Produk UMKM Desa Sumberbendo Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo Melalui Strategi Branding
Keywords:
UMKM, Desa Sumber Bendo, BrandingAbstract
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peranan yang penting dalam perekonomian di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya UMKM lapangan pekerjaan, pengentasan kemiskinan, kontribusi pada inovasi dan produk domestik bruto Negara Indonesia dapat tercipta. Era Revolusi Industri 4.0 mengenai perkembangan UMKM di Indonesia, pemilik dan atau pengelola UMKM dituntut agar dapat bersaing. Desa Sumberbendo memiliki beberapa sektor UMKM yang cukup berpotensi untuk dapat dikembangkan, yaitu : (1) Ukiran Kayu; (2) Makanan Ringan Carang Mas; serta (3) Minuman Sehat Jamu dan Kue Kering Barokah 717. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan pelaku UMKM masing-masing diketahui bahwa beberapa UMKM tersebut memiliki kendala dalam menjalankan usahanya yaitu : (1) Masih rendahnya pemahaman tentang branding produk sebagai bagian dari strategi pemasaran produk; (2) Kurangnya pemahaman pemilik UMKM tersebut terkait alat branding, yaitu logo (identitas usaha). Tujuan dilakukannya pengabdian masyarakan yaitu untuk memperkuat citra merek dari suatu usaha UMKM di Desa Sumber Bendo melalui strategi branding produk. Metode yang digunakan yaitu dengan sosialisasi branding dan pendampingan pembuatan desain logo UMKM. Kegiatan yang telah dilakukan tentang strategi branding Usaha Mikro Kecil dan Menengah dapat membantu proses pelaku usaha dalam meningkatkan eksistensi. UMKM yang awalnya tidak memiliki pengetahuan tentang strategi branding yang sangat penting dalam memperkenalkan sekaligus mempromosikan produk-produk kepada masyarakat dan calon konsumen. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat membantu UMKM dalam membuat branding produk dengan untuk tujuan mengembangkan dan mempromosikan produk serta membangun brand awarenenss masyarakat terhadap produk.
References
Framita, D. S., Maulita, D., Ekonomi, F., & Raya, U. S. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Pengemasan , Labelling dan Branding Produk di Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 107–118
Gie. 2021. Pentingnya Logo dalam Proses Branding Bisnis yang Sukses. https://accurate.id/marketing-manajemen/logo-branding/
Hendrayani, Y. and Manihuruk, H. (2020). Redesain kemasan dalam meningkatkan brand awarness produk unggulan UKM Cilodong Berkarya. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia.
Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan
Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1), 32–36.
Irrubai, M. L. (2015). Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga Di Kelurahan Monjok Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Society, 6(1), 15–30.
Rizaldi, T., & Putranto, H. A. (2018). Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Marketing dan Branding pada UMKM. Prosiding, 56–59.
Susanto, A. and Nurcahyanto, B. (2018). Sosialisasi pentingnya branding dan menambah nilai ekonomis produk buah mangga di Desa Batok. Media Komunikasi dan Informasi Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).