Pemanfaatan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Sumberbendo, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo

Authors

  • Danty Aulia Rachmawati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Panglima Revandityo Shije Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Kintan Septarina Fatwa Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Wildan Armansyah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Dr. Gde Oka Warmana, SE, MM Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Wahyu Helmy Dimayanti Sukiswo, S.A., M.A Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Keywords:

UMKM, Desa Sumberbendo, Digital Marketing

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah mempunyai peranan yang cukup besar bagi kesejahteraan masyarakat. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh sektor UMKM saat ini adalah adanya perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi yang membuat pola pemasaran berubah dengan sangat cepat. Desa Sumberbendo merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur yang memiliki potensi sektor UMKM yang cukup banyak. Walaupun beberapa sektor UMKM tersebut telah berhasil memasarkan produknya kepada masyarakat, namun terdapat permasalahan atau kendala yang dihadapi oleh beberapa UMKM tersebut. Permasalahan atau kendala yang dialami rata-rata adalah terkait pemasaran digital (digital marketing). Digital marketing atau pemasaran digital merupakan kegiatan untuk mempromosikan produk dan atau jasa dengan menggunakan media elektronik. Tujuan kegiatan ini agar pelaku UMKM yang ada di Desa Sumberbendo dapat memahami dan mengimplementasikan pemanfaatan teknologi melalui digital marketing. Dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat tersebut, metode yang digunakan yaitu pemberian sosialisasi atau materi, pelatihan, serta pelaksanaan pendampingan terkait digital marketing. Kegiatan yang dilaksanakan telah mampu meningkatkan kemampuan mitra dalam melakukan pemasaran. Hasil dari implmentasi digital marketing baik berupa  e-commerce atau social media memiliki manfaat jangka panjang bagi mitra. Selain itu, melalui pemanfaatan digital marketing sebagai media pemasaran produk yang dihasilkan dapat dikenal lebih banyak orang dan berpeluang lebih besar untuk memperluas pasar yang telah ada.

References

Ananta Kusuma Y. P., Oktavima W., Magdalena P. N. (2020). Pendampingan dan Penerapan Teknologi Untuk Peningkatan Produktivitas Usaha Mikro Gula Semut. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 275-284.

As’ad, H. Abu Rumman dan Anas Y. Alhadid. (2014). The Impact of Social Media Marketing on Brand Equaity: An Emperical Study on Mobile Service Providers in Jordan. Review of Integrative Business and Economics Research, Vol. 3:1.

Chaffey, D., & Chadwick, E. (2016). Digital Marketing, Sixth Edition. United Kingdom: Pearson Education Limited.

Desai, Vaibhava. (2019). Digital Marketing: A Review. International Journal of Trend in Scientific Research and Development (ijtsrd), ISSN: 2456- 6470, pp.196-200, URL: https://www.ijtsrd.c om/papers/ijtsrd23 100.pdf.

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., dan Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Umkm. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat. ISSN: 2549-8347 (Online), ISNN: 2579-9126 (Print) Volume 3 No. 1.

Kannan, P. K., & Hongshuang, L. (2016). Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda. International Journal of Research in Marketing.

Kurniawan, A & Asharudin, M (2018). Small and Medium Enterprises (SMEs) Face Digital Marketing. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business Volume 1, Number 2.

Martinus M., Stephanie P. A., Andreas H. T. N. (2020). Pembangunan Sistem Informasi Penjualan Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Studi Kasus : Pahala Fotokopi dan Digital Printing). Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 95-105.

Permana, S.H (2017) Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Aspirasi Vol. 8 No. 1.

Renny S. D., Oki A. C. D., Rizky N. (2019). Perancangan dan Implementasi Sistem E-commerce pada UMKM Batik di Kabupaten Jombang. Dinamisia - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 36- 43.

Stelzner, M. (2012). How Marketers are Using Social Media to Grow Their Business.

Siska C. N., Kintoko, Puji H. P. (2020). Inovasi Kemasan dan Perluasan Pemasaran Usaha Rempeyek di Yogyakarta. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6-11.

Stockdale, R., Ahmed, A., & Scheepers, H. (2012). Identifying Business Value from The Use of Social Media: An SME Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems. Association for Inforamtion System Electronic Library.

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., dan Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. COMMUNITY EMPOWERMENT. Vol.6 No.1, pp. 42-47, p-ISSN: 2614-4964, e-ISSN: 2621-4024.

Turban. E., King. D., Lee. J. K., Liang, T. P., and Turban, D.C. (2015). Electronic Commerce: A Managerial and Social Networks Perspective. 8th Ed. Springer.

Tjiptono, Fandy. 2016. Pemasaran : Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi.

Wardhana, A. (2015). Prosiding Seminar Nasional Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing Ukm Di Indonesia. 327–337.

Downloads

Published

30-06-2022

Issue

Section

Articles