Upaya Pemasaran Wisata Kedung Cowek Berbasis Media Sosial Melalui Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Berita Serta Teknik Fotografi
Keywords:
Wisata, Media sosial, Berita, FotografiAbstract
Kepariwisataan di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Desa wisata merupakan salah satu program pengembangan sektor pariwisata di Indonesia. Namun sekarang ini, masih terdapat potensi desa wisata tersembunyi yang belum dioptimalkan dalam pemasaran wisatanya seperti di Kedung Cowek. Dalam hal ini, masyarakat Kedung Cowek memiliki keterbatasan dalam penggunaan media sosial serta penulisan berita sebagai media pemasaran wisata serta UMKM secara online. Pelatihan dan pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menulis berita sesuai kaidah jurnalistik, meningkatkan kemampuan dalam pemanfaatan sosial media untuk mewartakan sesuatu kejadian dan pelatihan pendampingan fotografi yang meliputi kejelasan objek, pencahayaan obyek, background pendukung dan faktor lainnya untuk mendapat hasil dokumentasi foto yang berkualitas sebagai upaya pemanfaatan media sosial untuk pemasaran wisata. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah 1) survei, 2) pelatihan, 3) pendampingan, dan 4) evaluasi. Hasil yang diharapkan dari kegiatan pelatihan dan pendampingan ini adalah nantinya masyarakat Kedung Cowek dapat mempublikasikan berita mengenai wisata maupun UMKM melalui portal berita online secara mandiri.
References
Bargandini, A. A. I. S., & Arsawati, N. N. J. (2022). Optimalisasi Media Sosial Dalam Upaya Promosi Desa Wisata di Desa Kenderan, Tegallalang, Gianyar. KAIBON ABHINAYA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(1), 1-7.
Fotografi, P., Dan, V., Berita, M., Media, D. I., Penyandang, U., Di, D., & Linden, A. (2021). Pelatihan fotografi, videografi dan menulis berita di media sosial untuk penyandang disabilitas di annika linden centre. 3(1), 33–42.
Listiani, E., & Wiksana, W. A. (2022). Pelatihan Jurnalistik Warga Bagi Pemuda Karang Taruna Desa Lamajang Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. 16(1), 38–47.
Mariani, N. W. R., & Wijaya, A. A. G. (2018). Upaya Promosi Potensi Wisata Kota Denpasar Berbasis Media sosial. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 9(2).
Sugiarti, R., Aliyah, I., & Yudana, G. (2016). Pengembangan Potensi Desa Wisata di Kabupaten Ngawi. cakra Wisata, 17(2).

Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).