Pembinaan Digital Marketing Produk UMKM Teh Celup Daun Tin Melalui Aplikasi Shopee
Keywords:
E-Commerce, Pemasaran Digital, UMKMAbstract
Digital marketing adalah sebuah kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan akses internet, menggunakan perangkat digital dan menggunakan media sosial. E-commerce merupakan sebuah aplikasi online yang dapat membantu UMKM memasarkan produk UMKM ke pasar yang lebih luas. Salah satu aplikasi e-commerce yang banyak digunakan masyarakat Indonesia adalah aplikasi Shopee. Pada kegiatan Pembinaan digital marketing produk UMKM bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat khususnya masyarakat Kelurahan Kupang Krajan dalam hal melakukan pemasaran produk para pelaku UMKM melalui akun Shopee. Metode dalam pembinaan ini menggunakan metode Asset Based Communities Development (ABCD) yaitu teori yang mengutamakan pemanfaatan aset dan potensial yang ada di sekitar masyarakat kelurahan Kupang Krajan. Hasil dari pembinaan ini adalah Kelompok 06 KKN Tematik UPN Veteran Jawa Timur menghasilkan sebuah toko online di aplikasi Shopee untuk Ibu Sri Wahyuni yang digunakan untuk memasarkan produknya yaitu Teh Celup Daun Tin.
References
Hilmiana, & Kirana, D. H. (2021). PENINGKATAN KESEJAHTERAAN UMKM MELALUI STRATEGI DIGITAL MARKETING. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 124–130. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32388
KemenKopUKM Teken Kerja Sama dengan BPS, Perkuat Basis Data Tunggal Koperasi dan UMKM. (2022). KEMENKOPUKM. Retrieved July 14, 2022, from https://kemenkopukm.go.id/read/kemenkopukm-teken-kerja-sama-dengan-bps-perkuat-basis-data-tunggal-koperasi-dan-umkm
Nurhayati, P., Muslimin, A., Aziz, I. Q., Diki Maulana, M., & Ismail, V. (2022). I-Com: Indonesian Community Journal Pendampingan Strategi Digital Marketing Menggunakan E-Commerce Shopee pada Komunitas PAC Fatayat NU Batanghari Lampung Timur. Agustus, 2(2), 185–194. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1395
Ramadhani, M. F., & Tasmin. (2021). STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING PADA KERIPIK PISANG BANNA-QU. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 153–158.
Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809

Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).