Pembinaan Digital Marketing Produk UMKM Teh Celup Daun Tin Melalui Aplikasi Shopee

Authors

  • Elfira Prasanti Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Ika Nova Andriani Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Kinanti Resmi Hayati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Keywords:

E-Commerce, Pemasaran Digital, UMKM

Abstract

Digital marketing adalah sebuah kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan akses internet, menggunakan perangkat digital dan menggunakan media sosial. E-commerce merupakan sebuah aplikasi online yang dapat membantu UMKM memasarkan produk UMKM ke pasar yang lebih luas. Salah satu aplikasi e-commerce yang banyak digunakan masyarakat Indonesia adalah aplikasi Shopee. Pada kegiatan Pembinaan digital marketing produk UMKM bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat khususnya masyarakat Kelurahan Kupang Krajan dalam hal melakukan pemasaran produk para pelaku UMKM melalui akun Shopee. Metode dalam pembinaan ini menggunakan metode Asset Based Communities Development (ABCD) yaitu teori yang mengutamakan pemanfaatan aset dan potensial yang ada di sekitar masyarakat kelurahan Kupang Krajan. Hasil dari pembinaan ini adalah Kelompok 06 KKN Tematik UPN Veteran Jawa Timur menghasilkan sebuah toko online di aplikasi Shopee untuk Ibu Sri Wahyuni yang digunakan untuk memasarkan produknya yaitu Teh Celup Daun Tin.

References

Hilmiana, & Kirana, D. H. (2021). PENINGKATAN KESEJAHTERAAN UMKM MELALUI STRATEGI DIGITAL MARKETING. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 124–130. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32388

KemenKopUKM Teken Kerja Sama dengan BPS, Perkuat Basis Data Tunggal Koperasi dan UMKM. (2022). KEMENKOPUKM. Retrieved July 14, 2022, from https://kemenkopukm.go.id/read/kemenkopukm-teken-kerja-sama-dengan-bps-perkuat-basis-data-tunggal-koperasi-dan-umkm

Nurhayati, P., Muslimin, A., Aziz, I. Q., Diki Maulana, M., & Ismail, V. (2022). I-Com: Indonesian Community Journal Pendampingan Strategi Digital Marketing Menggunakan E-Commerce Shopee pada Komunitas PAC Fatayat NU Batanghari Lampung Timur. Agustus, 2(2), 185–194. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1395

Ramadhani, M. F., & Tasmin. (2021). STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING PADA KERIPIK PISANG BANNA-QU. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 153–158.

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809

Downloads

Published

30-06-2022

Issue

Section

Articles