Peningkatan Strategi Promosi Untuk Pengembangan Wisata Kampung Kue Kelurahan Kalirungkut Kecamatan Rungkut Surabaya

Authors

  • Dwi Andini Alvina Kharis Damayanti Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Canta Nandiwardhana Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Alvina Kharis Damayanti Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Nurul Azizah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Keywords:

Strategi, Promosi, Pengembangan, Wisata Kampung Ku

Abstract

Pemerintah Kota Surabaya telah mengembangkan potensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Kelurahan Kalirungkut, Kecamatan Rungkut, Surabaya yaitu dengan meresmikan tempat wisata yang menjual berbagai macam jajanan tradisional yaitu Wisata Kampung Kue. Dimana sebelum adanya wisata tersebut, masyarakat di wilayah Rungkut Lor Gang II mayoritas adalah pedagang kue yang mempunyai kreativitas akan pengelolaan berbagai jenis kue. Dengan adanya Wisata Kampung Kue tersebut, dapat meningkatkan perekonomian terutama pelaku UMKM. Meskipun, wisata tersebut sudah diresmikan oleh pemerintah Kota Surabaya, tetapi masyarakat dalam Surabaya pun masih belum mengetahui adanya wisata tersebut. Maka pentingnya tetap diperlukannya pengembangan strategi promosi untuk terus meningkatkan perekonomian Wisata Kampung Kue. Dimana penjualan dari UMKM tersebut akan semakin meningkat. Melalui pembuatan brosur yang dibagikan kepada masyarakat luar dan mempromosikan melalui sosial media akan mengenalkan lebih dalam bahwa di Surabaya terdapat wisata yaitu Wisata Kampung Kue.

References

Akuntansi, P., Hayam, U., & Perbanas, W. (2021). 3 1,2,3. 5(2), 35–45.

Widyastuti, M. (2020). Pengembangan Pedagang Kue Melalui Networking di Kampung Kue Rungkut Lor, Kecamatan Rungkut Surabaya. Jurnal Pengabdian Barelang, 2(03), 27–33. https://doi.org/10.33884/jpb.v2i03.2422

Rahmawati, L., & Handayani, D. (2022). Pengembangan Pemasaran Kerajinan Anyaman Daun Pandan di Desa Tondomulo. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 74–84

Downloads

Published

30-06-2022

Issue

Section

Articles