ANALISA TINGKAT PELAYANAN ANGKUTAN PENUMPANG KAPAL MOTOR WIRA VICTORIA DI PELABUHAN GUNUNGSITOLI

Authors

  • Charles Sitindaon Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Julkartianus Telaumbanua Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Litany Sephora Sitindaon Institut Teknologi Surabaya

Keywords:

Kualitas Pelayanan Penumpang, IPA, CSI

Abstract

Pelabuhan Gunungsitoli merupakan pintu gerbang utama untuk memasuki Pulau Nias, oleh sebab itu memiliki peranan penting dalam perkembangan pembangunan di Pulau Nias maupun dalam menghubungkan Kota Gunungsitoli dengan daerah lainnya. Kualitas pelayanan Kapal Motor penumpang perlu diteliti untuk mendapatkan gambaran tentang pelayanan terminal. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa tingkat pelayanan terhadap kepuasaan penumpang dengan menilai kinerja pelayanan penumpang Kapal Motor Wira Victoria Pelabuhan Gunungsitoli Nias. Penelitian ini menggunakan model dengan dimensi reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik, meliputi 18 atribut pelayanan. Terdapat 76 orang responden penumpang yang secara acak terpilih menjadi sampel penelitian. Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk menganalisis beberapa atribut pertanyaan pada konsioner dan untuk menilai tingkat kepuasan penumpang pada kapal. Berdasarkan hasil analisa kuadran terdapat 4 (empat) atribut yang memerlukan perbaikan atau diperhatikan yaitu; fasilitas kemananan dan ketertiban, naik turun penumpang pada kapal, peralatan pendukung keamanan dan fasilitas kebersihan. Indeks kepuasan konsumen pada pelayanan penumpang di Kapal Motor Wira Victoria adalah 55,38% yang menunjukan jika pelayanan cukup baik atau cukup puas sehingga memberi kepuasan tersendiri bagi pengguna kapal. Upaya untuk menghasilkan pelayanan yang maksimum, kedepannya Kapal Motor Penumpang Wira Victoria akan memperbaiki kualitas kinerja pelayanan untuk mencapai harapan penumpang.

References

Ahmad Fatullah, (2021), “Analisa Tingkat Pelayanan Kapal Penumpang Gili Iyang (Kapal Ferry) Trayekan-Bawean. Universitas Islam Negeri Sunam Ampel, Surabaya.

Asrul Ardian Harahap. (2019), Analisa Tingkat Pelayan Dermaga Angkutan Penumpang di Pelabuhan Belawan. Medan, Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.

Darmadi, Arifin, & Agustin, (2016), Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Kinerja Pelayanan Angkutan Penyeberangan Lintas Kariangau-Penajam

Gufroni, (2012), Analisis Kinerja Pelayanan dan Tanggapan Penumpang Terhadap Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Jangkar di Kabupaten Situbondo

Imam Teguh Putra. (2020), Analisa Kepuasaan Pelayanan dan Kelayakan Angkutan Kapal Laut. (Studi Kasus: Pelabuhan Lembar, Lombok Barat – Pelabuhan Padangbai Bali), Universitas Muhammadiyah Mataram.

Lodhita, H. E. (2014). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode IPA dan CSI. Malang: Universitas Brawijaya.

Mohamad Soahalin, (2019). Analisa Tingkat Kepuasan Penumpang Angkutan Kapal Laut Jurusan Lembar-Surabaya. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Mutholib, A. (2015). Evaluasi Pelayanan Angkutan Penyeberangan Perintis Lintas Bitung-Melonguane. Warta Penelitian Perhubungan

Nancy Damayanti. (2016), Analisi Kualitas Pelayanan Terhadap Jasa Penumpang Angkutan Laut Di Unit Pelaksanaan Teknis Pos Lintas Batas Laut Liem Hie Djung kabupaten Nunukan. Jakarta, Univertitas Terbuka

Peraturan Menteri Perhubungan No 37 Tahun 2015 tentang standar pelayanan penumpang angkutan penyebrangan kapal.

Tjiptono, 2001. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen

Wycko (Loveloc, 1998) dan (Nasution, 2004) kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan yang diharapkan oleh pengendalian tingkat keunggulan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Downloads

Published

30-12-2023