BESAR TEGANGAN GESER YANG TERJADI PADA SHAFT (POROS) AKIBAT PUTARAN MATA PISAU UNTUK MENCACAH BERONDOLAN PADA UNIT DIGESTER PT Z

Authors

  • Herry Darmadi Politeknik Teknologi Kimia Industri
  • Agustin Nurya Savitri Politeknik Teknologi Kimia Industri
  • Darmo Halawa Politeknik Teknologi Kimia Industri

Keywords:

digester, tegangan geser, shaft

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya tegangan geser yang terjadi pada mesin digester di PT Z. Digester adalah alat yang berupa bejana yang berfungsi mengaduk dan menyayat, Tujuan dari pengadukan dan penyayatan adalah untuk mencegah kehilangan minyak sawit yang berlebihan.Untuk melakukan pengadukan dan penyayatan digester dilengkapi dengan alat - alat pendukung seperti poros (shaft) pemutar tegak yang dilengkapi dengan pisau-pisau pengaduk untuk mengaduk dan menyayat buah sawit. Dalam proses kerjanya poros (shaft) perlu dihitung tegangan geser, putaran yang terjadi pada poros, dan daya ntuk mengetahui efesien pengadukan pada analisa ini di dapatkan tegangan geser adalah sebesar  kg/cm2 dan tegangan geser yang izinkan sebesar 750 kg/cm2 dan putaran yang di hasilkan oleh poros adalah 25,37 rpm.

References

D. Mulyono Putro, Q. Sholihah, J. Akhmad Yani Km, and K. selatan, “ANALISIS KEANDALAN (RELIABILITY) PADA MESIN DIGESTER (STUDI KASUS : PT. SMART TBK BATU AMPAR MILL KOTABARU),” 2019.

F. Mananoma et al., “PERANCANGAN POROS TRANSMISI DENGAN DAYA 100 HP,” 2017.

J. Awali and T. Asroni, “ANALISA KEGAGALAN POROS DENGAN PENDEKATAN METODE ELEMEN HINGGA,” 2018.

A. Sheva Putra, “PERHITUNGAN PULLEY DAN V-BELT PADA PERANCANGAN SISTEM TRANSMISI MESIN PENCACAH ECENG GONDOK UNTUK ALTERNATIF PAKAN TERNAK,” Gorontalo Journal of Infrastructure & Science Engineering, vol. 5, no. 1, pp. 14–20, 2022.

C. Ikhsan, A. Pamudji Raharjo, D. Legono, B. Agus Kironoto, and J. Teoretis dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil Jurnal Teoretis dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil, “Efek Tegangan Geser Dasar yang Terjadi pada Lapisan Pelindung Terhadap Karakteristik Kemiringan Dasar Saluran,” Desember, vol. 23, no. 3, 2016.

H. Chandra et al., “INVESTIGASI TEGANGAN PADA POROS BERTINGKAT MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA BERBASIS COMPUTER AIDED ENGINEERING,” vol. 13, no. 1, 2021, doi: 10.5281/zenodo.47.

Downloads

Published

30-12-2023